2 Program Belajar Yang Berbeda Antara Tahsin & Tahfidz Jangan Dipisahkan Berbahaya, Apakah Itu.?

Masih bingung dengan 2 program belajar yang berbeda antara tahsin dan tahfidz yang tidak dapat dipisahkan ketika belajar ilmu tajwid.? tenang, dengan membaca artikel singkat dibawah ini anda akan mudah dan cepat dalam memahami dan membedakan 2 istilah tersebut...

Tahsin dan tahfidz adalah dua istilah yang saling berkaitan di antara kedua nya dan tidak dapat di pisahkan, Mengapa demikian…? Karna jika seseorang ingin menjadi seorang yang hafidz ( hafal Al-Qur’an ) maka seseorang tersebut harus sudah lulus tahsin Al-Qur’an. sebaliknya, jika seseorang sudah lulus tahsin Al-Qur’an maka seseorang tersebut akan melanjutkan ke fase berikutnya yaitu tahfidz.

TAHSIN

tahsin dan tajwid



Definisi tahsin


Secara bahasa tahsin itu memperbaiki, adapun secara istilah memperbaiki bacaan Al-Qur’an dengan benar sebagaimana bacaan Rasulullah ahallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat Radhiyallahu Anhu dengan cara mengeluarkan huruf dari makhroj nya, memenuhi sifatnya dan memperhatikan hukum bacaan

Hukum nya

Praktek – fardhu ‘Ain ( wajib bagi semua yang membaca Al-Qur’an membacanya dengan tahsin ) seseorang akan berdosa jika dalam parktek tidak menerapkan ilmu tahsin atau tajwid. Salah seorang ulama besar yaitu imam Ibnul Jazari berkata :

 “ membaca Al-Qur’an dengan tahsin itu hukumnya wajib, barangsiapa yang tidak membenarkan bacaan Al-Qur’an nya maka ia berdosa, karna Allah menurunkan Al-Qur’an dengan tajwid, demikianlah Al-Qur’an darinya sampai kepada kita.

Teori- fardhu kifayah ( apabila di suatu tempat atau wilayah ada seseorang yang sudah faham dengan ilmu tahsin maka itu sudah cukup. Namun semua akan kembali kepada hukum asalnya yaitu ada kewajiban bagi kita ketika membaca Al-Qur’an harus di terapkan ilmu tahsin maka wajib juga bagi kita untuk mempelajari ilmu tahsin tsb.

TAHFIDZ
bedanya tahsin dan tahfidz,
Pengertian tahfidz
 
Menurut bahasa Tahfidz berasal dari kata bahasa arab yaitu hafadzo-yahfadzu-hifdzon yang berarti menghafal atau menjaga hafalan. Hafal lawan dari kata lupa, selalu ingat dan sedikit lupa. Adapun tahfidz menurut istilah adalah kegiatan orang-orang yang menghafal dengan cermat untuk mencapai sebuah tujuan yang ingin di hafal.Biasanya kata tahfidz kerap sekali di sandingkan dengan kata Al-Qur’an menjadi tahfidzul qur’an.

manfaat dari memhami dua istilah diatas anda akan mampu : 
  • membedakan antara tahsin dan tahfidz.
  • mendapat kosakata bahasa arab yang baru seperti ( tahsin dari kata : hasana-yuhsinu-tahsinan : memperbaiki / tahfidz dari kata : haffadzo-yuhaffidzu-tahfiidzon : menghafal ) 
  • tidak salah ketika mengambil program belajar 
  • menabah ilmu pengetahuan baru 
  • bisa memilih program tahsin / tahfidz sesuai kemampuan saat ini 
itulah manfaat dari memahami dua istilah antara tahsin dan tahfidz jangan sesekali memisahkan keduanya, akibatnya fatal, program tahfidz tidak bisa dipisahkan dengan program tahsin, sebab jika diisahkan maka akibatnya nanti seseorang itu menghafal tanpa belajar tahsin maka bacaan nya akan banyak yang salah, bacaan yang salah dapat merubah arti dari Al-Qur'an 
Pengertian Al-Qur’an 

menurut bahasa berasal dari bahasa arab yaitu ( qoroa-yaqrou-qur’aanan ) yang berari bacaan, adapun menurut istilah adalah kalamullah yang di turunkan Allah kepada Nabi Muhammada Rosulullah sallaallahu alaihi wa sallam melalui perantara malaikat jibril sebagai tanda kerosulan, turun nya berangsur-angsur, di tulis dalam lembaran-lembaran, di riwayatkan secara mutawatir dan membacanya merupakan suatu ibadah.

Jika kata tahfidz di barengi oleh kata Al-Qur’an menjadi tahfidzul qur’an maka artinya suatu kegiatan seseorang dalam proses menghafal,memelihara, menjaga dan melestarikan kalamullah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad Rosulullah sallallahu alaihi wa sallam di luar kepala dengan tujuan agar tidak terjadi perubahan kata, kalmat, ayat dan pemalsuan serta agar menjaga dari kelupaan baik itu secara sebagian maupun keseluruhannya.

Dari sini kita dapat belajar tentang apa itu tahsin bagaimana hukum mempelajari nya, hukum prakteknya, belajar tentang tahfidz, apa itu Al-Qur’an dan apa sebenarnya tahfidzul qu’an itu, itulah 2 program belajar yang berbeda antara tahsin dan tahfidz yang dapat anda fahami

Dengan pesatnya perkembangan zaman, khusus nya di bidang teknologi kita dapat dengan mudah mempelajari segala sesuatu, seperti belajar ilmu ipa , ips, matematika, bakhan mudah bagi kita untuk mempelajari ilmu-ilmu agama di mana di saat sebelum berkembang nya zaman mempelajari ilmu agama sangat terbatas aksesnya. Dulu kita harus lagsung datang ke tempat-tempat khusus seperti masjid untuk belajar Al-Qur’an. 

namun sekarag Alhamdulillah kita bersyukur dengan berkembang nya teknologi kita mampu belajar ilmu agama bagi pemula dengan sangat mudah dan cepat, seperti Hamasa qur’an contoh nya di sana kita bisa dengan mudah mempelajari ilmu2 agama khusus nya ilmu di bidang Al-Qur’an.

Hamasa qur’an menyediakan jasa pembelajaran ilmu qur’an di bidang. 
  • tahsin
  • tahfidz 
  • muroja'ah 
  • talaqi 
  • tilawah 
  • tadabur  
Bagi anda yang ingin kursus tahsin online dan tahfidz baik pemula ataupun yang sudah pernah belajar namun masih belum fashih dalam membaca Al-Qur'an, Hamasa Qur'an menyediakan 2 program belajar tahsin dan tahfidz yang akan membantu anda memfashihkan bacaan Al-Qur'an anda, dapat dilakukan secara online maupun offline, daftarkan diri anda sekarang,  kuota terbatas, GRATIS khusus untuk anak yatim. untuk pendaftara silahkan klik tombol yang ada di bawah ini

tahsin dan tajwid beserta manfaatnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar