4 Cara Membaca Istiadzah & Basmalah Yang Benar Orang Islam Wajib Tau

masih bingung cara membaca istiadzah dan basmalah yang benar..? anda yang mengaku sebagai umat muslim sudah seharusnya mengetahui dan menguasai bagaimana membaca istiadzah dan basmalah yang benar. sebenarnya gampang, pingin tau caranya..? beginilah caranya 

kalimat istiadzah

A. Istiadzah

 1.Lafazh :

اعوذ بالله السميع العليم من الشيطان الرجيم
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم

2. cara membacanya : 
  • 1. dibaca pelan ketika tilawah dengan pelan.
  • 2. dibaca pelan ketika sendirian meskipun tilawah bersuara.
  • 3. dibaca keras bila tilawah keras dan ada orang lain yang mendengarkannya.
  • 4. ketika bergantian bisa dibaca oleh orang yang pertama saja, bisa juga masing-masing membaca.
Penjelasan :

  • 1. Maksud nya di baca pelan ketika tilawah dengan pelan adalah ketika kita membaca Al-Qur’an dengan suara yang pelan maka membaca isti’adzah nya pun di baca pelan, jangan di baca keras isti’adzah nya. ketika suara kita membaca Al-Qur’an dengan suara yang pelan. kesimpulannya menyesuaikan suara kita, pelan atau keras, jika pelan maka semua di baca pelan, jika di baca keras maka semua dibaca keras.
  • 2. Dibaca pelan ketika sendirian meskipun tilawah bersuara, artinya jika kita sedang sendirian meskipun bacaan kita bersuara maka iati’adzah nya di baca dengan suara yang pelan.
  • 3. Dibaca keras apabila suara bacaan kita keras dan ada orang lain di sekitar kita yang sedang mendengarkan, bukan bermaksud ingin riya , tapi karna ingin memperdengarkan bacaan kita ke orang lain dengan niat ikhlas lillahi ta’ala.
  • 4. Ketika kita sedang tilawah berjama’ah dengan banyak orang secara bergantian maka cara membaca isti’adzah nya cukup dibaca oleh orang yang pertama mendapat giliran tilawah atau boleh juga dibaca oleh semua orang yang ada di situ secara bergantian sesuai urutan nya masing-masing.
Itulah penjelasan tentang bagaimana cara membaca isti’adzah yang baik dan benar menurut metode tahsin utsmani, bila sekiranya kurang jelas bisa Tanya langsung ke hamasa qur’an atau mau belajar tahsin langsung bisa Tanya dan daftarkan diri anda untuk belajar ngaji tahsin Al-Qur’an ke no Wa dibawah ini : 081316116055

kalimat basmalah

B. Basmalah

1. Lafazh : 

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

2. Cara membaca :
  • 1. Di baca ketika memulai tilawah dari awal surat kecuali surat At-Taubah.
  • 2. Ketika tilawah di mulai dari tengah surah, maka basmallah boleh di baca boleh tidak.
Penjelasan
  • 1. Artinya ketika kita akan memulai membaca Al-Qur’an dari awal surah maka wajib bagi kita membaca basmalah terlebih dahulu kecuali surah At-Tubah. Mengapa demikian…?? Baca juga artikel tentang ( mengapa awal surah At-Taubah tidak di awali dengan basmalah )
  • 2. Apabila kita tilawah dari tengah-tengah surah artinya tidak dari permulaan surah maka kita boleh membaca degan basmalah atau juga boleh dengan tanpa basmalah.
Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara kita membaca basmalah dan isti’adzah dengan baik dan benar sesuai metode tahsin ustmani

hati-hati jangan sampai salah membaca kedua lafazh tersebut karena kedua kalimat tersebut memiliki kandungan makna yang sangat bagus untuk kita, sebab kedua nya merupakan doa bagi kita, baik ketika kita memulai aktifitas ataupun ibadah karna membaca Al-Qur’an merupakan salahsatu perbuatan ibadah yang banyak sekali keutamaan mengerjakannya. 

keutamaan membaca istiadzah dan basmalah 
  • 1. mendapat perlindungan dari Allah SWT sebab kedua kalimat tersebut merupakan doa meminta perlindungan dari godaan syaithon yang terkutuk 
  • 2. mendapat jaminan dari Allah SWT, sebab kalimat basmalah adalah kalimat atas nama Allah SWT 
  • 3. mendapat pahala dari Allah SWT 
Arti isti’adzah : “aku berlindung kepada Allah dari godaan syaithon yang terkutuk”

Arti basmalah : “ dengan menyebut asma Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”

agar kita terhindar dari kesalahan ketika mengucapkan kedua kalimat istiadzah dan basmalah adalah dengan belajar tahsin seperti belajar tebal tipis lam dan ro karna tujuan belajar tahsin adalah menjaga lidah agar tidak salah ketika membaca kalimat-kalimat yang ada didalam Al-Qur'an termasuk istiadzah dan masmalah. 

Bagi anda yang masih belum jelas dengan penjelasan 4 cara membaca istiadzah & basmalah yang benar di atas, anda bisa langsung Tanya atau belajar tahsin online di Hamasa Qur’an, hamasa menyediakan jasa pembelajaran ilmu Al-Qur’an mulai dari program  tajwid, program tahfidz quran, muroja’ah, talaqi, tilawah dan tadabur , langsung daftarkan diri anda, kuota terbatas GRATIS untuk anak yatim,daftar sekarang klik gambar wa di bawah ini.
istiadzah dan basmalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar