Orang Islam Wajib Tau, 7 Adab Yang Benar Ketika Membaca Al-Qur'an Beserta Dalilnya

 Masih banyak kalangan diantara kita yang tidak mengetahui adab-adab ketika membaca Al-Qur'an, berdosa bagi siapa yang tidak memperhatikan adab dan kewajiban ketika membaca Al-Qur'an. dalam membaca Al-Qur'an ada 7 adab yang benar beserta dalilnya yang wajib kamu ketahui, apa saja..?

Al-Qur'an itu kalamullah sudah sewajarnya bagi kita memperlakukan Al-Qur'an dengan baik, karna banyak orang ditimpa ujian disebabkan memperlakukan Al-Qur'an dengan buruk, nauzubillah summa nauzubillah. 

Al-Qur’an adalah kalamullah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril alaihissalam. Al-Qur’an juga merupakan salah satu rukun iman yang harus kita Imani. Kita yang mengaku sebagai umat muslim, tidak boleh sembarangan membaca Al-Qur’an, harus memperhatikan 7 adab dalam membaca Al-Qur’and.

Inilah 7 adab yang harus di perhatikan dalam membaca Al-Qur’an
  •  Berwudhu
  • Membersihkan mulut
  • Menghadap qiblat
  • Membaca ta’awudz
  • Membaca basmallah
  • Mengagungkan Al-Qur’an
  • Meminta rahmat dan hidayah dari Allah
  •  Berwudhu
adab ketika membaca Al-Qur'an yang benar

Wudhu berasal dari kata wadha’ah yang artinya baik atau bagus, secara istilah wudhu adalah kegiatan yang menggunakan air pada anggota-anggota badan tertentu disertai dengan niat. Berwudhu bukan hanya ketika kita hendak melaksanakan sholat saja, banyak amalan-amalan yang di awali dengan berwudhu dengan niat mensucikan diri dari hadas kecil dan besar, seperti tawaf ketika haji maupun umroh, sebelum tidur, orang yang dalam keadaan junub ketika hendak mekan dan minum dll.

Al-Qur'an itu suci maka untuk menyentuhnya pun kita harus suci caranya dengan berwudhu. hal tidak disukai dan tidak terpuji terhadap Al-Qur'an adalah memperlakukan Al-Qur'an dengan buruk misalnya, dalam keadaan kotor / tidak suci  malah menyentuhnya. bisa berdosa, nauzubillahi min dzalik. 
  • Membersihkan mulut
adab ketika membaca Al-Qur'an yang benar

Membersikan mulut adalah salah satu adab dalam membaca Al-Qur’an, mengapa demikian..? sebab Al-Qur’an adalah kalamullah yang mulia. Membersihkan mulut bisa dilakukan dengan menggosok gigi, berkukur-kumur dengan air bersih dan bisa juga dilakukan dengan bersiwak.

  • Menghadap qiblat
adab membaca Al-Qur'an yang benar

Qiblat adalah arah yang di tuju ummat muslim untuk melaksanakan berbagai macam bentuk ibadah seperti sholat, menyembelih hewan dan juga ketika ibadah membaca Al-Qur’an.
  •  Membaca ta’awudz
adab ketika membaca Al-Qur'an yang benar

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT. Sudah semestinya ketika melaksanakan ibadah kita membaca ta’awudz dengan niat meminta perlindungan kepada Allah dari godaan syaithon yang terkutuk.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. An-Nahl ayat 98 yaitu

فَاِذَا قَرَأْتَ الْقُرْاٰنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّٰهِ مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْم

Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al-Qur'an, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk. (QS. An-Nahl : 98 )

  • Membaca basmallah
adab ketika membaca Al-Qur'an yang benar

membaca basmallah adalah satu dari 7 adab yang benar ketika membaca Al-Qur'an yang didasari oleh dalil. membaca basmalah suatu  keharusan  dalam memulai atau mengawali segala bentuk aktifitas sehari-hari. Sebab segala sesuatu harus diatas namakan Allah baik ketika hendak berwudhu, keluar rumah, berkendara, begitu juga ketika hendak membaca Al-Qur’an.

bacaan basmalah dianjurkan ketika kita membaca Alquran dimulai dari awal surat. Dalilnya, hadis dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, beliau menceritakan,

Suatu ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam terbangun dari tidur sambil tersenyum. Kamipun bertanya, Ya Rasulullah, apa yang membuat anda tersenyum? beliau bersabda, "Baru saja turun kepadaku satu surat." Kemudian beliau membaca,

Bismillahirrahmanirrahiiim.. innaa athainaakal kautsar dst (HR. Ahmad 12322, Muslim 921, dan yang lainnya)


Namun ada satu surah dalam Al-Qur’an yang tidak di awali dengan basmallah ketida hendak membaca nya yaitu surah At-Taubah. Mengapa demikian, karna surah At-Tubah adalah surat yang di turunkan saat peperangan terjadi sedangkan basmallah itu atasnama allah yang pengasih dan penyayang sedangkan peperangan dengan pedang tidak ada kasih dan sayang di dalamnya. Makan surah tersebut tanpa di awali dengan basmalah.

Ada keutamaan dan manfaat dari menjaga 7 adab ketika membaca Al-Qur'an yaitu : 
  • mendapat balasan pahala dari Allah SWT : sebab setiap kebaikan akan Allah lipat gandakan balasan pahalanya, apalagi bersikap baik terhadap kalamullah 
  • terhindar dari bisikan syaithon yang terkutuk : dengan menjaga 7 adab ketika membaca Al-Qur'an hati akan menjadi ikhlas dan hati yang ikhlas tidak akan mempan terhadap godaan dan isikan dari syaithon. 
  • memperoleh hidayah dan rahmat : Allah akan memberikan hidayah serta rahmatnya kepada siapa yang berbuat baik kepada Al-Qur'an. 
  • hati akan menjadi tenang : ketenangan hati hanya akan di dapat dengan berzikir krpada Allah, salah satu dzikir krpada Allah ialah dengan menjaga 7 adab ketika membaca Al-Qur'an. 

  • Mengagungkan Al-Qur’an
adab ketika membaca Al-Qur'an yang benar

Sudah menjadi keharusan bagi kita mengagungkan Al-Qur’an. karna ia meupakan kitab yang di dalam nya tidak ada keraguan dan menjadi petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.

  • Meminta rahmat dan hidayah
adab membaca Al-Qur'an yang benar

adab yang terakhir dalam membaca Al-Qur’an adalah meminta rahmat dan hidayah dari Allah SWT. Al-Qur’an berfungsi sebagai obat atau syifaa’ bagi pembacanya, dengan niat yang ikhlas berharap agar Allah memberikan kasih sayang dan petunjuknya kepada si pembaca Al-Qur’an. jika kita urutkan dari adab-adab pertama hingga akhir beginilah urutannya.

Pertama kita berwudhu sambil membersihkan mulut lalu kemudian kita ambil Al-Qur’an dan menghadap qiblat kemudian membuka Al-Qur’an lalu mulailah dengan membaca ta’awudz dan basmallah dengan senantiasa mengagungkan nya artinya bisa dengan mencium Al-Qur’an, meletakkannya di tempat yang lebih tinggi lalu yang terakhir meminta atau berdoa meminta rahmat dan hidayah kepada Allah SWT.

solusi terbaik untuk bisa istiqomah mengamalkan ke 7 adab di atas ialah 
  • dengan selalu mengingat bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan akan kembali kepada diri kita.
  • hanya mengharap keridho'an Allah SWT semata
  • cintai amalan nya dengan begitu InsyaAllah akan mudah istiqomah mengamalkan nya 
itulah 7 adab dalam membaca Al-Qur’an yang harus anda perhatikan di samping itu juga ada beberapa kewajiban yang harus kita ketahui ketika membaca Al-Qur’an selain 7 adab di atas, salah satunya yaitu membaca Al-Qur’an dengan tajwid, saat ini belajar tajwid bisa anda dapatkan dengan mudah dan waktu yang fleksibel. Hamasa Qur'an menyediakan jasa pembelajaran ilmu-ilmu Al-Qur'an khusus nya program tahsin dan tafidz

7 adab yang benar ketika membaca Al-Qur'an beserta dalilnya merupakan bagian kecil dari materi tajwid, anda bisa belajar privat tahsin online di Hamasa Qur'an segera daftarkan diri anda sekarang, kuota terbatas, mumpung lagi banyak promo, GRATIS untuk anak yatim, daftar lebih awal lebih nyaman untuk pendaftaran cukup klik gambar whattapp dibawah ini : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar