Belajar 7 lagam Murotal Al-Qur’an Dasar Bagi Pemula, No Satu Mudah Banget

Merasa kesulitan ketika membaca Al-Qur’an dengan irama murotal..? banyak orang tidak tau ternyata murotal itu dapat di pelajari oleh semua orang, apalagi saat ini banyak lembaga-lembaga Al-Qur’an yang menawarkan jasa belajar murotal Al-Qur’an dasar bagi pemula, anda bisa belajar di lembaga Hamasa Qur’an.

belajar murotal Al-Qur'an dasar untuk pemula

Sebelum kita jauh membahas tentang bagaimana belajar murotal Al-Qur’an dasar untuk pemula sebaik nya kita memahami terlebihdahulu makna murotal itu sendiri.

Murotal adalah rekaman bacaan Al-Qur’an yang dilagukan oleh seorang qori atau pembaca Al-Qur’an. murotal juga dapat diartikan lantunan bacaan ayat suci Al-Qur’an yang di peerdengarkan dengan irama yang indah dalam tempo yang lambat dan harmonis.

Bukan hanya lirik lagu saja yang di per indah, justrus seharus nya ayat-ayat Al-Qur’an lah yang dibaca dengan suara yang indah, sebab ada perintah dari Nabi kepada kita untuk membaca Al-Qur’an dengan suara yang indah. Ada beberapa hadis yang menganjurkan untuk memperindah bacaan al-Quran. Diantaranya :
  • 1. Hadis dari al-Barra bin Azib Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan,
زَيِّنُوا الْقُرْآنَ بِأَصْوَاتِكُمْ

Hiasilah al-Quran dengan suara kalian. (HR. Ahmad 18994, Nasai 1024, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)
  • 2. hadis dari Sa’d bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,                                                                                                                                              لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ
“Siapa yang tidak memperindah suaranya ketika membaca al-Quran, maka ia bukan dari golongan kami.” (HR. Abu Daud 1469, Ahmad 1512 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Belajar membaca Al-Qur’an dengan murotal bukan hanya menambah pahala, di luar itu terdapat beberapa manfaat bagi pembaca dan yang mendengarkannya di antaranya yaitu :
  • 1. dampak yang baik bagi kesehatan, seperti menurunkan hormone stress, mengaktifkan hormon endorphin alami, meningkatkan rileks, memperbaiki sistem kimia tubuh, sehingga menurunkan tekanan darah serta memperlambat pernafasan, denyut nadi, dan aktivitas gelombang otak, Seperti disampaikan dalam firman Allah SWT yang berbunyi:  
  •  وَاِذَا قُرِئَ الۡقُرۡاٰنُ فَاسۡتَمِعُوۡا لَهٗ وَاَنۡصِتُوۡا لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ‏                              Apabila dibacakan Al-Quran, perhatikanlah dan diamlah, maka kalian akan mendapatkan rahmat.” (QS. Al A’raf: 204).
  • 2. menghilangkan rasa takut
  • 3. terhindar dari rasa lemas dan tegang
kesalahan ketika seseorang membaca Al-Qur’an adalah ketika seseorang tersebut membaca dengan iramanya sendiri yang bukan dari ke 7 irama murotal tersebut, biasanya kesalahan itu terletak pada panjang pendeknya hukum bacaan yang berubah menjadi terlalu panjang atau lekukan suara yang terlalu banyak. Merubah hukum bacaan dalam Al-Qur’an akan berakitab dosa karna merubah arti dari ayat yang dibaca.

Berikut 7 lagam murotal Al-Qur’an dasar bagi pemula yang dapat kamu pelajari :

Belajar lagam muroral Al-Qur'an
  • 1. irama bayyati : irama dengan menggunakan lagu bayyati dikenal  juga toha. Irama bayyati ditandai dengan suara yang lembut meliuk-liuk, memiliki gerak lambat dengan pergeseran nada yang tajam waktu turun naik dan sering terjadi secara beruntun. Irama bayyati memiliki empat tingkatan nada. Biasanya irama ini digunakan sebagai lagu pembuka dan penutup
  • 2. irama Hijaz : Irama Hijaz bersifat allegro yakni ringan, cepat, lincah. Irama ini juga memiliki variasi turun naik yang tajam.
  • 3. Irama shaba : Irama dengan lagu Shaba juga memiliki sifat allegro yaitu gerak irama yang ringan. Namun, irama ini cenderung lebih mendatar tapi bisa menggugah emosi pendengarnya. Irama shaba memiliki empat variasi atau tingkatan nada
  • 4. Irama rast : Irama lagu Rast memiliki enam tingkatan nada. Saat tilawah Alquran, Irama ini memiliki karakter yang ringan dan cepat. Biasanya irama Rast dipakat untuk kumandang azan maupun imam salat
  • 5. Irama jiharkah : Irama lagu Jiharkah memiliki karakteristik dengan suara minor yang khas lalu dilanjutkan dnegan nada yang tinggi. Irama jiharkah memiliki dua tingkatan nada. Biasanya irama ini sering digumakan untuk takbiran
  • 6. Irama sika Irama lagu Sika memiliki sifat grave yaitu gerak lembut dan lebih khidmat. Terdapat empat jenis nada sika yang bisa digunakan.
  • 7. Irama nahawand : Irama yang terakhir adalah irama lagu Nahawand sering kali disenandungkan pada ayat-ayat Alquran yang sedih. Terdapat lima tingkatan nada pada irama Nahawand.
7 irama murotal Al-Qur’an di atas tujuannya menjaga lidah agar tidak salah dalam membaca serta melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, upaya terbaik bagi kita adalah belajar membenarkan bacaan Al-Qur’an dengan belajar ilmu tahsin, tajwid dan irama murotal

Yok belajar irama murotal di Hamasa Qur’an, anda bisa belajar 7 lagam murotal Al-Qur’an dasar untuk pemula, belajar dapat dilakukan secara online maupun ofline loh, daftar lebih awal lebih nyaman, kuota terbatas, GRATIS untuk anak yatim, daftar sambil rebahan juga bisa, cukup clik gambar dibawah ini

belajar murotal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar